☼↓☼

"Welcome to my blog, enjoy your reading :D"
Jumat, 28 Desember 2012

Kali ini saya akan membahas mengenai drummer dan dunianya. Untuk apa? Banyak dari kita hanya melihat dan ingin menjadi drummer karena melihat drummer idola kita ada di TV dan bermain bersama band
mereka. Mungkin hanya itu yang kita tahu, yang kita tahu adalah drummer idola kita dikenal banyak orang, punya banyak uang, juga banyak fans, dan hidupnya terlihat sangat enak. Nah padahal ada beberapa kehidupan drummer didalam menjalankan profesinya, sehingga nanti teman-teman drummer yang ingin menjadi drummer tahu ingin menjadi drummer yang seperti apakah, punya arah dan gambaran ketika ingin menerjuni dunia musik. Semoga tulisan saya mengenai drummer dan dunianya ini memberikan gambaran bagi teman-teman yang ingin menapaki dunia drum sebagai profesinya. Karena banyak yang hanya melihat drummer dan dunianya sebagai hal yang glamour, padahal dibalik itu terdapat banyak konsekuensi dan gaya hidup yang juga melekat yang wajib juga kita jalani sebagai drummer profesional.


Drummer dan Dunianya Hal ini kalau menurut saya perlu untuk diketahui bagi orang-orang yang ingin memulai belajar drum, sehingga nanti tahu dia akan menjadi drummer yang ke arah mana, baik dalam hal permainan maupun dalam hal yang berkaitan dengan profesinya.Oke, kita bahas satu persatu ya mengenai drummer dan dunianya ini. Ada dua jenis drummer yang perlu teman-teman kenal, yaitu :


1. Drummer yang bermain dalam sebuah band

Drummer yang ini yang biasanya yang membuat kita tertarik untuk menjadi seorang drummer, karena kita suka ngeliat aksi panggung sang drummer dengan bandnya. Saya juga termasuk dengan yang awalnya tertarik dengan drummer yang seperti ini, saya waktu itu pingin main drum gara-gara ngeliat Carter Beauford di band Dave Matthews Band dan saya suka lagu-lagunya, kemudian begitu melihat Mike Portnoy yang saat itu masih di Dream Theater saya lebih bersemangat lagi untuk bisa menjadi drummer papan atas Indonesia. Dan kemudian saya latihan gila-gilaan lah saat itu tanpa tahu nantinya akan kemana, karena dipikiran saya kalau saya udah jadi seorang drummer yang jago, pasti saya akan terkenal, padahal ternyata menjadi jago dan menjadi terkenal itu adalah dua hal yang berbeda. Banyak drummer yang jago dan tidak terlalu dikenal didunia ini yang saya temui.



2. Session Player Drummer



Seorang session player drummer adalah drummer yang dibayar untuk mengisi part drum dari sebuah lagu baik itu untuk keperluang recording ataupun live show. Biasanya drummer yang menjadi session player drummer tidak mempunyai band tetap karena mereka lebih banyak disewa oleh pihak-pihak yang membutuhkan jasa mereka seperti para soloist, music director(pengarah musik), band yang tidak mempunyai drummer, band yang drummernya kurang mumpuni dalam mengisi part drumnya, studio recording, dan lain-lain.


Seorang session player drummer biasanya adalah seseorang yang mempunyai kemampuan tinggi dalam bermain drum, menguasai banyak aliran musik, dan session player drummer saat ini dituntut untuk bisa membaca not balok dengan baik. Para session player drummer ini biasanya kurang dikenal oleh masyarakat luas namun ada pula session player drummer yang dikenal luas oleh masyarakat, jika saya sebua nama John ‘JR’ Robinson dan Ndugu Chancler, pasti banyak teman-teman drummer dan juga masyarakat luas yang tidak tahu siapa mereka. Mereka ini termasuk session player handal, lihat saja nama-nama besar yang pernah menggunakan jasa mereka, untuk Ndugu Chancler pernah dipakai jasanya oleh nama besar seperti Michael Jackson, Miles Davis, Herbie Hancock, Frank Sinatra, Lionel Richie, Kenny Roger, Thelonius Monk dan John Lee Hooker, sementara kalau John ‘JR’ Robinson pernah dipakai jasanya oleh nama besar seperti Josh Groban, Quincy Jones, Barbra Streisand, Eric Clapton, Madonna, David Lee Roth, Chaka Khan. Nah pasti banyak teman drummer yang tidak tahu dengan 2 orang session drummer yang barusan saya sebutkan tadi kan? Nah kalau di Indonesia, session player drummer yang kebetulan banyak dikenal oleh masyarakat yaitu Yesaya Soemantri atau yang biasa dipanggil Echa. Tau dong kalau drummer yang satu ini? Nah kalau Echa adalah contoh session player drummer yang cukup bahkan dikenal luas oleh masyarakat, sedangkan kalau saya sebut nama Kamal, saya memanggilnya dengan sebutan om, karena memang dia sudah cukup berumur dan senior sekali, pasti teman-teman drummer tidak tau kan? Dan juga tidak pernah mendengar namanya kan? Padahal si om Kamal ini banyak dipakai oleh musisi papan atas Indonesia seperti Ahmad Dhani, Mulan Jameela, T2, Kangen Band dan lain-lain.


0 komentar:

Posting Komentar